Aplikasikan Tridharma Perguruan Tinggi, HMD Sosiologi UM Laksanakan Pengabdian Di Dusun Klerek

  • Jul 30, 2024
  • Dimas Hamdan

Batu - Selasa, 30 Juli 2024 bertempat di Aula Graha Ganesha Balai Dusun Klerek Desa Torongrejo, Himpunan Mahasiswa Departemen (HMD) Sosiologi Universitas Negeri Malang (UM) menjadi awal pembuka kegiatan Sosiologi Mengabdi 2024. 

Dengan mengambil tema "Mupakarsa desa mwang alam samasta: wujud manunggaling jalma mring jagad bumi lan sang hyang cipta" yang memiliki arti memelihara desa dan alam semesta merupakan wujud menyatukan manusia ke jagad dan yang maha pencipta. 

Kegiatan ini dihadiri oleh Sekretaris Desa Torongrejo, Ketua Departemen Sosiologi UM, Ketua Karang Taruna Desa Torongrejo, Ketua KIM Lensa Torongrejo, dan Anggota Karang Taruna Dusun Klerek.

Ketua Departemen Sosiologi UM dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada pihak desa maupun dusun yang udah memberikan izin untuk melakukan kegiatan sosiologi mengabdi, dan permintaan maaf ke semua elemen desa maupun dusun jikalau dari hmd sosiologi banyak merepotkan pihak desa maupun dusun. 

Kemudian Sekretaris Desa Torongrejo, Bapak Doni Firmansyah dalam sambutannya menyatakan "Desa Torongrejo selalu menerima & akan mengarahkan temen2 mahasiswa dengan programnya agar bisa tersampaikan tujuan kepada masyarakat. Dengan program yang sejalan tentunya akan memberikan kenangan bagi temen2 mahasiswa di desa torongrejo. Melalui temen2 mahasiswa diharapkan membawa kolaborasi, inovasi untuk torongrejo kedepan. Tema yang diambil sangat berani, menarik dan menjadi kunci terkait apa yang akan dilakukan oleh temen2 mahasiswa, tema ini juga sama dengan kultur & budaya yg ada di desa torongrejo. Desa torongrejo adalah desa yang aslinya desa, berupaya untuk menjaga & melestarikan budaya lokal, sebagai contoh bahwa satu2nya desa di kwb yang tidak punya indomart & alfamart. Semoga melalui pengabdian ini membawa kebaikan & menjadikan desa torongrejo menjadi lebih baik".

Dalam pengabdian ini, teman-teman mahasiswa HMD Sosiologi UM akan melakukan beberapa agenda kegiatan yang dilakukan selama 2 hari, tanggal 30-31 Juli 2024 dengan sasaran warga Dusun Klerek Desa Torongrejo. Bentuk kegiatan yang akan dilakukan diantaranya:

  • Edukasi pembuatan alat pencegahan demam berdarah kepada murid SDN Torongrejo 03 dan MI Darul Hikam.
  • Edukasi masyarakat mengenai pencegahan demam berdarah.
  • Sharing session bersama Karang Taruna Desa Torongrejo, Dusun Klerek, dan KIM Lensa Torongrejo mengenai organisasi
  • Kerja Bakti dan Tanam Bibit Pohon bersama Karang Taruna dan Warga Dusun Klerek

Melalui Sosiologi Mengabdi ini sebagai bentuk pengaplikasian Tridharma Perguruan Tinggi yaitu pendidikan dan pengajaran, penelitian, serta pengabdian kepada masyarakat. 

Dan melalui kegiatan ini diharapkan terjadi hubungan silaturahmi antara pihak himpunan mahasiswa departemen pendidikan sosiologi dengan masyarakat klerek, dan semoga dari pemaparan dan sosialisasi mengenai demam berdarah bermanfaat bagi banyak orang tentunya masyarakat dusun klerek dan memberikan manfaat bagi desa torongrejo