Sambut Bulan Kemerdekaan, Pemdes Torongrejo Mengadakan Rakor

  • Jul 27, 2024
  • Dimas Hamdan

Batu - Sabtu, 27 Juli 2024 bertempat di Balaidesa Torongrejo, Pemerintah Desa Torongrejo melaksanakan kegiatan Rapat Koordinasi Persiapan dan Pembentukan Panitia Peringatan Hari Besar Nasional (PHBN) Agustusan tahun 2024. 

Melalui kegiatan ini bertujuan untuk membentuk panitia dan menyusun agenda kegiatan untuk memeriahkan dan menyambut Kemerdekaan di bulan agustus ini. 

Kepala Desa Torongrejo, Bapak Sugeng Santoso dalam sambutannya menyatakan bahwa "Memperingati hari Kemerdekaan merupakan suatu bentuk mengingat sejarah, melalui pertemuan ini nantinya akan dibentuk panitia dan ditentukan berbagai kegiatan yang dilaksanakan untuk memeriahkan agustusan ditahun 2024 ini. Diantaranya upacara detik-detik proklamasi, lomba-lomba, doa bersama, dan lain sebagainya. Melalui forum ini juga untuk menentukan diadakannya agenda karnaval atau tidak ditahun ini. Beberapa catatan yang terjadi pada agenda perayaan agustusan ditahun kemarin tentunya menjadi poin penting untuk diperhatikan, agar nantinya pelaksanaan kegiatan di tahun ini lebih baik lagi".

Pada pertemuan ini dihadiri oleh Perangkat Desa beserta staff Desa Torongrejo, BPD, LPMD, Ketua Karang Taruna, Ketua KIM, Ketua Lembaga Adat, RT RW se Desa Torongrejo, Danton Linmas 1 2 3, dan warga Desa Torongrejo.

Ketua BPD Desa Torongrejo, Bapak Edi Warsito dalam sambutannya menyampaikan bahwa "17 Agustus wajib dan harus untuk diperingati, karena untuk mengenang jasa-jasa pahlawan. Dalam kegiatan agustusan ada sesuatu yang wajib dan sunnah, yang wajib seperti pelaksanaan upacara bendera detik-detik proklamasi, memasang bendera dan umbul-umbul, sedangkan yang sunnah seperti pelaksanaan karnaval. Adanya karnaval sendiri tentunya sangat meriah, namun dalam pelaksanaannya terdapat beberapa catatan sehingga penting untuk diberikan aturan atau cara main yang memudahkan dan enak bagi masyarakat keseluruhan Desa Torongrejo. Yang menjadi poin utama adalah terkait keselamatan warga, kelancaran, keamanan, dan bisa menyenangkan baik bagi warga Desa Torongrejo maupun luar Desa Torongrejo.

Dalam pertemuan ini disepakati yang menjadi ketua kegiatan PHBN adalah Bapak Priyanto Kepala Dusun Krajan, untuk sekretaris kegiatan yaitu Bapak Takim Kepala Dusun Ngukir, dan bendahara yaitu Bapak Suyono Kepala Dusun Klerek.

Rangkaian kegiatan yang nantinya akan dilaksanakan beberapa diantaranya yaitu upacara bendera, malam tirakatan, tabur bunga, napak tilas leluhur, dan resepsi yang akan dilangsungkan di Dusun Ngukir. Terakhir, pada pertemuan ini juga disepakati bahwa untuk Karnaval ditahun ini tidak diadakan, nantinya akan diganti dengan lomba-lomba untuk memeriahkan hari kemerdekaan.