Ciptakan Ekonomi Kreatif Pedesaan, KTH Bejo Sejahtera Adakan Pelatihan Budidaya Ikan Hias

  • Jul 28, 2024
  • Dimas Hamdan

Batu - 27 Juli 2024

Kelompok Tani Hutan (KTH) Bejo Sejahtera Desa Torongrejo Kec. Junrejo Kota Batu mengadakan kegiatan pemberdayaan dan peningkatan kapasitas masyarakat berupa Program Pelatihan Budidaya Ikan Hias.

Prgoram ini bekerja sama dengan Balai Latihan Kerja (BLK) Wonojati Malang.

KTH Bejo Sejahtera memilih Pelatihan ini karena di Desa Torongrejo belum ada Budidaya Ikan Hias sehingga dapat menambah potensi di Desa Torongrejo dan juga Kota Batu.

Pelatihan ini dibuka pada tanggal 3 Juli 2024 dan ditutup 26 Juli 2024 di Aula Balai Desa Torongrejo dan juga dihadiri oleh perwakilan Kepala Desa Torongrejo.

Kegiatan Pelatihan bertempat di Sekretariat KTH Bejo Sejahtera di Dusun Krajan RT.01 RW.05 Desa Torongrejo dengan jumlah peserta 16 orang terdiri dari kaum milenial, ibu rumah tangga dan petani yang merupakan Pengurus dan Anggota KTH Bejo Sejahtera.

Dengan adanya pelatihan ini diharapkan dapat menciptakan ekonomi kreatif pedesaan sehingga dapat mensejahterahkan masyarakat.

Pelatihan ini berlangsung selama 18 hari dan peserta belajar dari 0 seperti persiapan Lahan sampai bisa membudidayakan ikan hias hingga membuat keripik Ampang makanan olahan dari ikan.

Pelatihan ini bukan pelatihan biasa karena di hari terakhir ada tes tulis sebagai syarat Sertifikasi Pelatihan Budidaya Ikan Hias yang dikeluarkan oleh BLK Wonojati dan juga menguji ilmu peserta selama pelatihan. Sertifikat ini akan berguna bagi anak muda sebagai penunjang pekerjaan dan usaha. Semoga dengan adanya pelatihan ini dapat meningkatkan kemampuan dan perekonomian masyarakat Desa Torongrejo.

Disisi lain limbah air ikan koi ini bisa digunakan sebagai Pupuk Cair yang bisa dimanfaatkan untuk pertanian di Desa Torongrejo.

Selain Pemberdayaan KTH Bejo Sejahtera juga memiliki program penghijauan,konservasi dan kelestarian lingkungan seperti membagikan bibit alpukat ke petani kemudian mengajukan bantuan DAM Penahan di sungai.

Dengan adanya KTH Bejo Sejahtera diharapkan bisa merangkul semua elemen masyarakat baik dari pemerintah dan stakeholder lainnya dalam kegiatan positif demi memajukan dan melestarikan Desa Torongrejo.