Jaring Aspirasi BPD Desa Torongrejo Part 3

  • Jul 13, 2024
  • Ardifian, Dimas Hamdan, Cantika, dan Divani
  • BPD

Batu -  Rabu, 13 Juli 2024 BPD Desa Torongrejo mengadakan kegiatan jaring aspirasi bersama organisasi kepemudaan, grub-grub hadroh banjari dan kelompok kesenian, serta Kelompok bidang Keolahragaan yang ada di Desa Torongrejo. 

Pada Minggu Ketiga BPD Desa Torongrejo turut mengundang organisasi kepemudaan seperti KIM Lensa Torongrejo dan Karang Taruna Karsa Bhirawa serta Grub Hadroh Banjari Se Desa Trorongrejo dan Kelompok Kesenian Se Desa Torongrejo serta Kelompok Bidang Keolahragaan yang dihadiri masing-masing 3 anggota. Tak lupa kegiatan ini mengundang lembaga pemangku adat yang di hadiri oleh Bapak Bunaib dan Bapak Suwaji.

Kegiatan kali ini dipimpin langsung oleh Bapak Edi Warsito sebagai Ketua BPD Desa Torongrejo, dan didampingi oleh Bapak Takim, M.Pd, Ibu Yayuk Susiani, S.Pd, Bapak Didik Hanafie, S.E, Bapak Fauzi Ikromin, Bapak Aripin, dan Bapak Maskut sebagai anggota BPD Desa Torongrejo. 

Kegiatan ini bertempat di Aula Balai Desa Torongrejo. Kegitan ini bertujuan yang pertama untuk memasukan pokok-pokok pikiran BPD yang diambil dari semua aspirasi masyarakat dengan menampung, menjaring, dan menyalurkan aspirasi masyarakat, hal ini sesuai dengan visi tugas pokok BPD. Ketika nanti pembahasan di rancangan APBDES ketika RKP selesai disitu kita nanti akan membawanya bersama dengan kepala desa.Dalam rancangan APBDes nantinya BPD harus menguatkan apa yang harus dilaksanakan di pemerintahan desa sesui dengan RPJMDes di tahun ini. Namun ketika nanti ada usulan dan masukan dari masyarakat, yaitu nantinya yang akan kita bawa dengan berbicara bukan atas nama BPD tetapi berbicara dengan atas nama aspirasi dan usulan masyarakat.

Jaring aspirasi yang dilakukan oleh BPD Desa Torongrejo ini telah dilakukan sebanyak tiga kali secara bertahap, yang mana kelompok kelompok masyarakat yang ada di Desa Torongrejo dibagi menjadi tiga tahap agar kegiatan dapat berjalan dengan efektif dan efisien.

Hasil dari jaring aspirasi ini nantinya oleh BPD Desa Torongrejo akan direkap dan disalurkan dalam rencana kegiatan pemerintah desa.

Dalam Kegiatan terakhir ini adapun aspirasi yang di sampaikan oleh organisasi dan kelompok kesenian serta kelompok bidang olahraga se Desa Torongrejo yakni : 

Dari bidang keolahragaan mengusulkan untuk tukar guling lapangan sepak bola yang ada di belakang kantor desa untuk dipindah ke samping lapangan voli agar menjadi titik pusat bidang keolahragaan desa torongrejo, dan ditambahkan untuk menambahkan gedung serbaguna di titik tersebut. Selain itu juga mengusulkan beberapa penunjang olahraga seperti net bulu tangkis dan mengadakan lomba-lomba di bidang olahraga masing-masing.

Adapun perwakilan dari grub banjari dan hadroh se Desa Torongrejo yakni perwakilan dari hadroh nur shoibah yang menyampaikan aspirasi kepada pemerintah desa Torongrejo untuk lebih merangkul grub-grub hadroh se Desa Torongrejo dan juga kelompok-kelompok kesenian yang ada di Desa Torongrejo. Perwakilan dari kelompok kesenian juga mengusulkan untuk mengadakan kegiatan yang menampilkan seluruh kelompok kesenian. 

Kemudian lembaga adat mengajukan anggaran untuk kegiatan kesenian khusus desa torongrejo dan kegiatan olahraga. Beberapa penyampaian yg di sampaikan berhubung, apabila pemberi tanah desa tidak mendukung maka tidak akan jalan. Lembaga adat juga berpendapat bahwa lebih baik menampilkan kesenian desa torongrejo daripada menyewa orang luar untuk memperingati momen tahunan.

Karang Taruna mengusulkan sebagai penunjang aset karang taruna mengajukan berupa Kantor sekretariatan, Seragam, Laptop, printer, dan atk. Dan Untuk pengambangan SDM karang taruna mengusulkan untuk pelatihan kewirausahaan, pelatihan branding, pelatihan pemasaran dan digital marketing, studi banding dan peningkatan SDM Torongrejo

Tak lupa Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Lensa Torongrejo juga mengajukan aset berupa kantor kesekretariatan dan alat Video Shooting sebagai penunjang kegiatan-kegiatan yang ada di Desa Torongrejo dan Studi Banding pada salah satu desa atau kota yang memiliki Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) yang maju dan berinovasi.